Selasa, 15 Desember 2020

Apa Itu Foto 360 Derajat ?

Apa Itu Foto 360 derajat ?

 


Foto 360 derajat adalah sebuah foto yang menampilkan keadaan sekeliling pengguna dan tidak terbatas pada satu sisi saja. foto 360 derajat. Kamera 360 memungkinkan penggunannya untuk mengabadikan sebuah foto dalam bentuk 360 derajat, jadi bukan hanya area depan yang di ambil. Foto 360 Derajat dapat digunakan untuk berbagai macam keperluan. Dari mulai bisnis, edukasi atau hanya sekedar untuk berbagi cerita/pengalaman saja. Penggunaannya sangat luas, beberapa contoh yang perlu memiliki teknologi ini, yaitu: Hotel, Resort, Vila, Restoran, Cafe, Toko, Mall, Sekolah, Kampus, Properti, Layanan Umum, Objek Wisata, Museum, Candi, Bangunan bersejarah, Taman Hiburan, Monumen, dan banyak lainnya. Seiring perkembangan teknologi, Facebook memperkenalkan kamera 360 ke dalam fitur andalannya. Berkat fitur ini, Anda bisa membagikan foto atau video 360 derajat. Adobe Premiere Pro juga kini menghadirkan fitur edit video 360.


Google sebagai salah satu raksasa teknologi informasi merupakan salah satu yang mempopulerkan kehadiran foto 360 derajat melalui sebuah fitur yang diperkenalkan pada tahun 2007 yang diberi nama Google Street View. Fitur ini memperkuat sebuah layanan peta terbesar dunia yang telah menghebohkan yang disebut dengan Google Maps. Melalui Google Street View, pengguna Google Maps dapat melihat kondisi sebuah tempat secara 360 derajat. Fitur ini bahkan memungkinkan penggunanya untuk bernavigasi di area tersebut. Meski menimbulkan berbagai kontroversi terkait dengan privasi dari orang yang di daerah dimana foto tersebut diambil, Google Street dirasakan bermanfaat sekali dalam menunjang kebutuhan orang yang ingin menuju ke sebuah tempat yang belum pernah dikunjunginya.

 

 

Manfaat Foto 360 Derajat


1. Mampu Menampilkan Berbagai Objek Sekaligus


Kamera foto 360 derajat tidak bisa disamakan dengan kamera foto biasa. Ambil contoh kamera Samsung Gear 360, optimal digunakan untuk menangkap gambar yang memiliki banyak POI (point of interest). Jadi, tepat Anda gunakan untuk memotret pemandangan alam, suasana ruangan, keramaian pasar, dan foto situasional lainnya. Hasil foto kamera 360 juga bisa Anda manfaatkan sewaktu-waktu Anda berniat membeli properti, tapi tak sempat datang ke lokasi. Kamera 360 akan membantu Anda memperlihatkan keseluruhan sudut rumah secara lengkap. Sekarang ini sudah tersedia jasa VR 360 Photo Tour yang sanggup mendokumentasikannya untuk Anda.

 

2. foto 360 dapat digunakan sebagai virtual tour


Foto 360 dapat menampilkan foto suatu lokasi secara berkelanjutan (continously), tidak terpotong (seamless) dan tanpa tepi (borderless) dalam sudut pandang 360ยบ ke arah horizontal dan atau vertical. Ungkapan "virtual tour" sering digunakan untuk menggambarkan berbagai video dan media fotografi. Panorama menunjukkan pandangan yang tak terputus, karena panorama dapat berupa serangkaian foto-foto atau panning video yang direkam. Namun, frasa "tour panorama" dan "virtual tour" sebagian besar telah dikaitkan dengan wisata virtual yang dibuat menggunakan kamera

 

3. Foto 360 merupakan cara baru dalam penyebaran informasi


Keberadaan foto 360 derajat membuka berbagai kemungkinan baru dalam penyampaian informasi yang berbeda dari foto biasa. Lewat foto biasa , fotografer dapat dengan mudah menyampaikan apa yang dipotretnya dengan mengatur fokus dan komposisi gambar. Lain halnya dengan foto 360 derajat yang mampu menampilkan berbagai objek sekaligus dari berbagai sisi, sehingga penggunaannya tidak bisa disamakan dengan penggunaan kamera biasa. foto seperti ini cocok digunakan untuk menangkap gambar yang memiliki banyak point of interest atau subjek menarik, misalnya panorama pemandangan, suasana ruangan, keramaian pasar, dan semacamnya.



EmoticonEmoticon