Apa itu Usability ?
Menurut Jacob Nielson (1993),
Usability dapat dikatakan sebagai ukuran kualitas pengalaman pengguna ketika
berinteraksi dengan produk atau sistem apakah situs web, aplikasi perangkat
lunak, teknologi bergerak, maupun peralatan-peralatan lain yang dioperasikan
oleh pengguna. Hal ini meliputi learnability (kemudahan mengoperasikan
fungsi-fungsi), efficiency (ukuran funsi dapat cepat dioperasikan),
memorability (mengetahui penggunaan bahkan setelah lama tidak dioperasikan),
errors (kesalahan dan perbaikan atas kesalahan yang dilakukan oleh pengguna),
dan satisfaction (kepuasan pengguna).
Sedangkan berdasarkan
International Organization for Standardization (ISO), Usability adalah tingkat
dimana produk bisa digunakan oleh pengguna tertentu untuk mencapai tujuannya
dengan lebih efektif, efisien, dan memuaskan dalam ruang lingkup penggunanya. Dari
kedua definisi di atas dapat disederhanakan bahwa definisi dari usability itu
adalah ukuran kemudahan manusia dalam menggunakan suatu produk atau program
aplikasi.
Alat Uji Usability
- SUS (System Usability Scale)
- QUIS (Questionnaire for User Interface Satisfaction)
- CSUQ (Computer System Usability Questionnaire)
- Words (adapted from Microsoft’s Product Reaction Cards)
SUS (System Usability Scale)
Usability Scale (SUS) merupakan
kuesioner untuk mengukur persepsi kegunaan. Diciptakan oleh John Brooke pada
tahun 1986 dan dahulu digunakan untuk menguji sistem elektronik kantor. System
Usability Scale (SUS) berisi 10 pertanyaan dimana partisipan diberikan pilihan
skala 1–5 untuk dijawab berdasarkan pada seberapa banyak mereka setuju dengan
setiap pernyataan tersebut terhadap produk atau fitur yang kita uji. Nilai 1
berarti sangat tidak setuju dan 5 berarti sangat setuju dengan pernyataan
tersebut. Versi Asli SUS menggunakan
Bahasa Inggris. Namum, SUS ada juga yang versi Bahasa Indonesia.
Aturan Perhitungan Skor SUS
- Setiap pertanyaan bernomor ganjil, skor setiap pertanyaan yang didapat dari skor pengguna akan dikurangi 1.
- Setiap pertanyaan bernomor genap, skor akhir didapat dari nilai 5 dikurangi skor pertanyaan yang didapat dari pengguna.
- Skor SUS didapat dari hasil penjumlahan skor setiap pertanyaan yang kemudian dikali 2,5.
Tahapan Pengambilan Data SUS
- Prototype aplikasi harus selesai
- Cari pengguna (responden)
- Diberikan kuesioner (angket)
- Responden mengisi form data diri
- Responden mengerjakan tugas (task)
- Responden mengisi kuesioner SUS
- Wawancara (Opsi)
Dalam Usability terdapat beberapa kriteria yang harus
dipenuhi yaitu :
1. Efektif
untuk digunakan ( Effectiveness)
Produk yang dibuat harus dapat digunakan untuk
mengerjakan tugas tertentu. Atau dapat dikatakan seberapa bagus sebuah produk
dalam mengerjakan tugas yang harus dilakukan.
Efisiensi dikaitkan pada seberapa cepat user dapat mencapai tujuan pada saat menggunakan produk tersebut.
3. Aman
untuk digunakan (Safety)
Keamanan yang dimaksud meliputi pencegahan pengguna dari keadaan bahaya dan situasi yang tidak diharapkan. Jadi pengguna merasa aman saat menggunakan produk dan juga ada pencegahan pengguna dari hal yang bahaya.
4. Mempunyai
kegunaan yang baik (Utility)
Utility yang dimaksud berkaitan dengan sejauh
mana produk dapat menyediakan fungsi yang baik sehingga pengguna dapat
melakukan yang dibutuhkan atau yang ingin dilakukan.
5. Mudah
dipelajari ( Learnability)
Tingkat kemudahan untuk mempelajari sebuah produk sebelum digunakan. Pengguna seharusnya tidak menghabiskan banyak waktu untuk mempelajari sebuauh produk yang akan digunakan.
6. Mudah
untuk diingat (Memorability)
Sekali pengguna sudah pernah mempelajari sebuah produk,
maka seterusnya akan ingat bagaimana cara menggunakannya. Umumnya UX
terdiri dari tiga karakteristik yaitu pengguna yang terlibat, bagaimana
pengguna berinteraksi dengan sebuah produk atau sebuah sistem , dan pengalaman
apa yang dirasakan oleh pengguna yang menarik , dapat diobservasi dan dapat
diukur (Tullis & Albert, 2013).
EmoticonEmoticon