Apa Itu Pengguna (User) ?
User adalah pengguna pada layanan atau perangkat dalam sistem
teknologi informasi. User adalah manusia yang sedang mengoperasikan suatu
layanan tertentu. Dalam merancang suatu aplikasi kita perlu melakukan riset
pengguna. Riset pengguna adalah bagaimana Anda akan mengetahui produk atau
layanan Anda akan berfungsi di dunia nyata, dengan orang-orang nyata. Di
sinilah Anda akan mengungkap atau memvalidasi kebutuhan pengguna yang
seharusnya menjadi dasar dari apa yang Anda rancang. Riset pengguna yang baik
adalah kunci untuk merancang pengalaman pengguna yang luar biasa. Mendesain
tanpa riset pengguna yang baik seperti membangun rumah tanpa fondasi yang kokoh
— desain Anda akan segera mulai runtuh dan akhirnya berantakan.
User Experience
User Experience adalah pengalaman pengguna dalam proses
interaksi dengan aplikasi atau perangkat lunak untuk memberikan kemudahan bagi
pengguna. Pengalaman tersebut dapat dilihat dari mudahnya dalam menggunakan
produk digital tersebut. Serta, mampu untuk memaksimalkan segala aspek mulai
dari fitur, desain, dan konten yang dapat membantu pengguna untuk mencapai
tujuan saat berinteraksi dengan aplikasi.
Memahami keinginan pengguna dan beranggapan bahwa pengguna
membutuhkannya itu adalah dua hal yang berbeda, lho. Anda harus menghindari
menggunakan asumsi dan feeling bahwa pengguna akan membutuhkan sesuatu.
Melainkan, lakukanlah riset yang mendalam kepada audiens Anda untuk mengetahui
apa yang sebenarnya mereka butuhkan dan inginkan. Anda bisa melakukan survei
kepada pengguna untuk mendapatkan feedback. Atau bisa juga dengan mengawasi
bagaimana pengguna menggunakan produk yang mirip—baik secara langsung maupun
dari jarak jauh.
Kelemahan apabila tidak menerapkan user experience adalah pengguna dapat meninggalkan aplikasi anda dengan cepat. Misalnya saja, saat user telah masuk pada website yang anda buat, namun anda tidak menerapkan UX dengan benar maka dapat mempengaruhi pengalaman pengguna dalam mengakses website anda dan pengguna akan lebih memilih untuk keluar dari situs anda dan mencari referensi website kompetitor yang lain.
Kategori Pengguna
1. Kategori Pengguna Berdasarkan Usia
Aplikasi yang kita buat tentunya akan digunakan oleh berbagai orang. Namaun tentu akan ada kategoria usia yang lebih dominan menggunakan aplkasi kita. Oleh karena itu kita perlu memfokuskan bagamaia pengalaman yang di dapat oleh target pengguna yang kita inginkan. Kita adapat menyesuaikan UI/ux berdasarkan usia penggunanya yang kita targetkan.
- Umur5-9tahun
- Umur10-14tahun
- Umur15-18tahun
- Umur18-24tahun
- Umur25-34tahun
- Umur35-44tahun
- Umur45-54tahun
- Umur55-64tahun
- Umur65+tahun
- Karakter berbeda setiap rentang umur
2. Kategori Pengguna berdasarkan jenis kelamin
Dengan menentukan jenis kelamin pengguna yang domin
menggunakan aplikasi, kita dapat menyesuaikan tampilan aplikasi seperti warna. Apabila
pengunanya perempuan maka tampilannya
warnanya dapat dominan pink, ungu. Sebaliknya apabila penggunanya laki laki ,
maka warnanya dapat hitam, merah dan orange.
- Laki-laki
- Perempuan
- Karakter berbeda-beda setiap jenis kelamin
3. Karakteristik Pengguna
berdasarkan jenis geografis
Dalam kategori ini kita perlu melakukan beberapa riset. Seperti
apakah aplikasi kita ini akan banyak digunakan oleh user yang tinggal di tempat
terpencil seperti desa yang kesulitan mengakses sinyal, jika benar maka kita
dapat membuat aplikasi yang tidak memerlukan akses internet. Selain itu kita
juga memerlukan riset bahasa yang digunakan oleh user. Jika usernya hanya orang
indonesia, maka aplikasinya hanya menggunakan bahasa indonesia. Namun jika
penggunyanya dari berbagai negara maka aplikasi tersebut bisa menggunakan
bahasa inggris yang dipahami masyarakt internasional.
- Bahasa
- Lokasi
- Kebiasaan
- Karakter berbeda-beda setiap geofrafis
4. Kategori Pengguna berdasarkan minat
Dengan menentukan minat pengguna, maka kita dapat lebih memfokus aplikasi sesuai dengan minat penggunanya. Contohnya jika penggunanya berminat dengan musik, maka kita dapat memberikan layanan music. Jika penggunanya menyukai layanan film, maka kita dapat memberika berbagai film yang diinginkan pengguna.
- FoodEnthusiasts
- BookLovers
- TVLovers
- MovieLovers
- MusicLovers
- Shoppers
- Karakterberbeda-bedasetiapminat
5. Karakteristik
Pengguna berdasarkan teknologi
Kita perlu mencari tau bagaimana jenis perangkat yang
digunakan oleh user. Jika usernya kebanyakan menggunakan android maka kita
dapat membuat aplikasi ringan yang dapat diakses dengan mudah dan memfokuskan
tampilannya di android agar pengguna mendapatkan kenyamanan ketika mengakses aplikasi.
- PC/Laptop/Smartphone
- Windows10/Linux/MacOS
- iOS/Android/FeaturePhone
- Web/Aplikasi
- Chrome/Safari/Firefox/Opera/UC
- 2G/3.5G/4G/Wifi
- Karakter berbeda-beda setiap teknologi
·
EmoticonEmoticon