Pengertian poster
Poster adalah suatu desain grafis
yang didalamnya terdapat gambar dan kata-kata pada kertas yang berukuran besar,
isinya memuat tentang informasi dan ditempel di tempat-tempat umum agar dapat
dilihat atau dibaca banyak orang. Poster sifatnya untuk mencari perhatian
banyak orang, poster juga bisa menjadi sarana untuk mempromosikan produk, jasa,
kegiatan, seputar pendidikan dan lain-lain.
Tujuan Poster
Dibuatnya sebuah poster tentu
bukan tanpa sebab, tetapi memiliki maksud dan tujuan sendiri. Yang secara umum
tujuan dan maksud dibuatnya poster adalah sebagai media publikasi supaya
masyarakat dapat membacanya dan melakukan sesuatu sesuai dengan apa yang ada
dalam poster tersebut. Tetapi secara khusus maksud dan tujuan dibuatnya poster
tergantung dengan apa yang diinginkan pembuat, bisa untuk tujuan komersil,
mencari simpati publik, mencari perhatian masyarakat dna lain sebagainya.
Ciri-Ciri Poster
- Poster memiliki beberapa ciri, diantaranya sebagai berikut ini:
- Merupakan karya seni yang memadukan antara unsur gambar dan kata-kata yang dibuat pada kertas berukuran besar supaya lebih mudah di baca orang banyak.
- Biasanya poster mengandung unsur-unsur warna yang mencolok, tujuannya supaya dapat menarik perhatian.
- Berisikan kalimat-kalimat yang cukup singkat, jelas dan mudah dimengerti pembaca.
- Poster biasanya selalu mengandung unsur gambar yang menarik, agar membuat banyak orang penasaran untuk melihat dan membaca informasi yang ada didalamnya.
- Biasanya psoter di pasang ditempat yang strategis supaya dapat diketahui banyak orang, misalnya ditempat yang ramai seperti alun-alun kota, pasar dan lain-lain.
Jenis-jenis Poster
1. Poster kampanye adalah jenis
poster yang digunakan untuk menarik simpati masyarakat terhadap partai politik
serta calon yang akan maju dalam pemilihan umum.
2. Poster 'cheesecake' adalah
sebutan untuk poster yang digunakan untuk menarik perhatian dan minat publik.
3. Poster film yaitu poster yang
dibuat khusus untuk mempromosikan suatu film yang akan atau sedang tayang di
bioskop.
4. Poster buku dan/atau komik
memiliki pengertian yang sama dengan poster film. Kesamaan tersebut yaitu untuk
mempopulerkan suatu buku atau komik yang dijual di toko buku.
5. Poster propaganda yaitu poster
yang berisikan kalimat yang bertentangan dengan pemerintahan berwenang.
6. Poster 'dicari' (dalam Bahasa
Inggris poster 'wanted') merupakan jenis poster memuat informasi penjahat yang
sedang menjadi buronan, orang hilang, atau bahkan mengenai lapangan pekerjaan.
7. Poster riset yaitu poster yang
bertujuan untuk menginformasikan mengenai sebuah kegiatan riset.
8. Poster afirmasi adalah poster
yang bertujuan untuk memberikan motivasi kepada pembaca.
9. Poster komersial memiliki
pengertian yang sama dengan poster niaga, yaitu untuk mempromosikan suatu
produk agar makin dikenal masyarakat dan meningkatkan angka penjualan
Tips Desain Poster
1. Poster Harus Mudah Dibaca dan
Mudah Dimengerti
Tips pertama, pastikan poster
mudah dibaca serta mudah dimengerti sehingga informasi yang akan Anda berikan
kepada target audiens dapat tersalurkan dengan jelas dan tidak terjadi
miskomunikasi ataupun kesalahpahaman.
2. Pemilihan Jenis dan Ukuran
Font untuk Poster
Masih terkait dengan tips
sebelumnya, saat mendesain poster sebaiknya pertimbangkan kembali jenis font
yang digunakan, apakah mudah dibaca atau tidak, dan juga ukurannya perlu
diperhatikan supaya tidak terlalu kecil atau terlalu besar.
3. Pemilihan Warna untuk Poster
Pemilihan warna saat mendesain
poster biasanya akan berkaitan dengan tema warna yang menjadi identitas dari
acara, produk, atau bisnis Anda secara keseluruhan supaya membuat target audiens
menjadi familiar dan mudah membedakan dari yang lainnya.
4. Desain Poster Jangan Terlalu
“Ramai”
Tips selanjutnya adalah membuat
desain yang eye-catching alias menarik perhatian, yang tidak berarti harus
penuh warna-warni atau penuh dengan ornamen serta elemen yang malah
membingungkan.
5. Desain Minimalis Tidak Masalah
Desain simpel dan minimalis pun
bisa menarik perhatian selama desain tersebut menggugah rasa penasaran dan
keingintahuan dari target audiens sehingga akan meningkatkan kemungkinan poster
tersebut dibaca oleh meeka.
6. Pemilihan Ukuran Poster
Seperti sudah dibahas sebelumnya,
pemilihan ukuran poster akan sangat bergantung pada luas bidang dan lokasi yang
menjadi target pemasangan poster, sehingga hal ini harus dipertimbangkan pada
saat mendesainnya.
7. Desain Untuk Setiap Ukuran
Kalau Anda belum mengetahui
lokasi pemasangan, buatlah beberapa versi poster untuk berbagai ukuran untuk
menyesuaikan ukuran font, layout, dan desain poster supaya tetap jelas terbaca
oleh target audiens, apapun ukuran yang digunakan.
8. Target Audiens
Tips terakhir, pastikan desain
poster Anda disesuaikan dengan target audiens yang anda sasar, baik dari segi
demografis ataupun psikografis, sehingga akan dapat lebih meningkatkan peluang
ketertarikan audiens tersebut untuk membaca poster yang dipasang.
EmoticonEmoticon