Interaksi
Manusa dan Komputer adalah Hubungan antara manusia dan komputer dengan
karakteristik tertentu guna mencapai suatu tujuan tertentu dengan menjalankan
sistem yang disebut Interface atau Antarmuka. Pada dasarnya Interface adalah
cara mendesain, menganalisa, mengevaluasi dan mengimplementasikan sistem
komputer agar lebih mudah digunakan oleh manusia. Interaksi Manusia dan
Komputer (IMK) atau Humancomputer interaction (HCI) merupakan sebuah disiplin
ilmu yang mempelajari perancangan, implementasi, dan evaluasi sistem komputasi
interaktif dan berbagai aspek terkait. IMK pada prinsipnya membuat agar sistem
dapat berdialog dengan penggunanya seramah mungkin. Tujuan interaksi manusia
dengan komputer untuk mempermudah manusia dalam mengoperasikan komputer dan
mendapatkan berbagai umpan balik yang ia perlukan selama ia bekerja pada sebuah
sistem komputer. Sebagai contoh, misalnya sebuah komputer lengkap dipasang pada
sebuah tempat yang tidak nyaman bagi seorang pengguna yang menggunakan. Atau
keyboard yang digunakan pada komputer tersebut tombol-tombolnya keras sehingga
susah untuk mengetik sesuatu.
Ada 3 komponen penting yang dipelajari pada IMK, yaitu :
- Manusia / Pengguna : User atau Pengguna yang dimaksud yaitu pengguna Individu ataupun Grup. Salah satu hal penting yang dibahas dalam faktor ini yaitu Indera yang dimiliki oleh manusia.
- Komputer : Komputer yang dimaksud yaitu semua teknologi baik dari PC ataupun yang berskala besar. Contohnya jika kita membahas desain aplikasi, maka aplikasi tersebut merupakan bagian komputer dalam materi IMK ini.
- Interaksi : IMK memastikan interaksi antara manusia dan komputer biasa berjalan dengan lancar.
Bidang Yang
Mempengaruhi Interaksi Manusia dan Komputer
Selain harus
paham tentang ilmu komputer, untuk membangun sistem interface yang baik, Kamu
juga perlu belajar bidang lain seperti :
- Psikologi : Memahami
perilaku, sifat, serta kebiasaan pengguna agar dapat menciptakan Interface
yang User friendly atau ramah pengguna
- Desain Grafis &
Typography : Menggunakan gambar yang menarik sebagai platform
dialog antara interaksi manusia dan komputer.
- Ergonomik : Meliputi aspek
fisik agar mendapatkan lingkungan kerja yang nyaman ketika berinteraksi
dengan komputer
- Antropologi : Pandangan
mendalam tentang cara kerja berkelompok yang masing-masing anggotanya
diharapkan memberikan kontribusi teknologi
- Linguistik / Tata Bahasa :
Menggunakan bahasa yang baik dan mudah dimengerti merupakan syarat utama
dalam membangun interface yang mudah digunakan dan dimengerti
- Sosiologi : Berkaitan erat
dengan dampak sosial yang dipengaruhi sistem manusia dan komputer.
Tahapan Interaksi Manusia dan Komputer
1. Perancangan
Pada bagian ini
terbagi menjadi beberapa tahapan
- Wireframe, merupakan Wireframe adalah
sketsa antarmuka pengguna atau user interface (UI).
- Storyboard, merupakan penggambaran
visual adegan, dialog, aksi dalam urutan berurutan.
- Wireflow, merupakan representasi dari
aliran layar yang diambil menggunakan wireframes terkait mengikuti aliran
alur muncul layar tersebut.
- Mockup, merupakan desain statis
menyerupai hasil akhir untuk mewakili suatu produk.
- Prototype, merupakan versi konsep
produk yang memungkinkan kalian menjelajahi ide - ide dan menunjukkan
rencana fitur atau konsep desain keseluruhan kepada pengguna sebelum ke
tahapan pengembangan atau implementasi.
2. Implementasi
Implementasi
adalah menerapkan hasil rancangan dari Wirefame, Storyboard, Wireflow, Mockup,
Prototipe ke dalam bentuk aplikasi nyata. Jenis platfomnya yaitu aplikasi
mobile, aplikasi dekstop dan website.
3. Evaluasi
Salah satu
bagian dari Interaksi Manusia-Komputer adalah evaluasi. Evaluasi digunakan
untuk menilai suatu sistem apakah telah mencapai suatu tujuan tertentu dan
sesuai dengan kebutuhan user. Pada tahap ini terdapat Usability, yaitu
merupakan tingkatan kemampuan antarmuka aplikasi dapat digunakan untuk
mempermudah hidup pengguna. Selanjutnya juga ada User experience yang artinya
dalam bahasa indonesia “pengalaman pengguna” adalah pengalaman yang diberikan
website atau aplikasi kepada penggunanya agar interaksi yang dilakukan menarik
dan menyenangkan.
EmoticonEmoticon