Kamis, 25 Februari 2021

Interaksi Manusia dan Komputer


Interaksi Manusa dan Komputer adalah Hubungan antara manusia dan komputer dengan karakteristik tertentu guna mencapai suatu tujuan tertentu dengan menjalankan sistem yang disebut Interface atau Antarmuka. Pada dasarnya Interface adalah cara mendesain, menganalisa, mengevaluasi dan mengimplementasikan sistem komputer agar lebih mudah digunakan oleh manusia. Interaksi Manusia dan Komputer (IMK) atau Humancomputer interaction (HCI) merupakan sebuah disiplin ilmu yang mempelajari perancangan, implementasi, dan evaluasi sistem komputasi interaktif dan berbagai aspek terkait. IMK pada prinsipnya membuat agar sistem dapat berdialog dengan penggunanya seramah mungkin. Tujuan interaksi manusia dengan komputer untuk mempermudah manusia dalam mengoperasikan komputer dan mendapatkan berbagai umpan balik yang ia perlukan selama ia bekerja pada sebuah sistem komputer. Sebagai contoh, misalnya sebuah komputer lengkap dipasang pada sebuah tempat yang tidak nyaman bagi seorang pengguna yang menggunakan. Atau keyboard yang digunakan pada komputer tersebut tombol-tombolnya keras sehingga susah untuk mengetik sesuatu.

 

Ada 3 komponen penting yang dipelajari pada IMK, yaitu :

  • Manusia / Pengguna : User atau Pengguna yang dimaksud yaitu pengguna Individu ataupun Grup. Salah satu hal penting yang dibahas dalam faktor ini yaitu Indera yang dimiliki oleh manusia.
  • Komputer : Komputer yang dimaksud yaitu semua teknologi baik dari PC ataupun yang berskala besar. Contohnya jika kita membahas desain aplikasi, maka aplikasi tersebut merupakan bagian komputer dalam materi IMK ini.
  • Interaksi : IMK memastikan interaksi antara manusia dan komputer biasa berjalan dengan lancar.



Bidang Yang Mempengaruhi Interaksi Manusia dan Komputer

Selain harus paham tentang ilmu komputer, untuk membangun sistem interface yang baik, Kamu juga perlu belajar bidang lain seperti :

  • Psikologi : Memahami perilaku, sifat, serta kebiasaan pengguna agar dapat menciptakan Interface yang User friendly atau ramah pengguna
  • Desain Grafis & Typography : Menggunakan gambar yang menarik sebagai platform dialog antara interaksi manusia dan komputer.
  • Ergonomik : Meliputi aspek fisik agar mendapatkan lingkungan kerja yang nyaman ketika berinteraksi dengan komputer
  • Antropologi : Pandangan mendalam tentang cara kerja berkelompok yang masing-masing anggotanya diharapkan memberikan kontribusi teknologi
  • Linguistik / Tata Bahasa : Menggunakan bahasa yang baik dan mudah dimengerti merupakan syarat utama dalam membangun interface yang mudah digunakan dan dimengerti
  • Sosiologi : Berkaitan erat dengan dampak sosial yang dipengaruhi sistem manusia dan komputer.

 

 

Tahapan Interaksi Manusia dan Komputer


1. Perancangan

Pada bagian ini terbagi menjadi beberapa tahapan

  • Wireframe, merupakan Wireframe adalah sketsa antarmuka pengguna atau user interface (UI).
  • Storyboard, merupakan penggambaran visual adegan, dialog, aksi dalam urutan berurutan.
  • Wireflow, merupakan representasi dari aliran layar yang diambil menggunakan wireframes terkait mengikuti aliran alur muncul layar tersebut. 
  • Mockup, merupakan desain statis menyerupai hasil akhir untuk mewakili suatu produk.
  • Prototype, merupakan versi konsep produk yang memungkinkan kalian menjelajahi ide - ide dan menunjukkan rencana fitur atau konsep desain keseluruhan kepada pengguna sebelum ke tahapan pengembangan atau implementasi.


2. Implementasi

Implementasi adalah menerapkan hasil rancangan dari Wirefame, Storyboard, Wireflow, Mockup, Prototipe ke dalam bentuk aplikasi nyata. Jenis platfomnya yaitu aplikasi mobile, aplikasi dekstop dan website.

 

3. Evaluasi

Salah satu bagian dari Interaksi Manusia-Komputer adalah evaluasi. Evaluasi digunakan untuk menilai suatu sistem apakah telah mencapai suatu tujuan tertentu dan sesuai dengan kebutuhan user. Pada tahap ini terdapat Usability, yaitu merupakan tingkatan kemampuan antarmuka aplikasi dapat digunakan untuk mempermudah hidup pengguna. Selanjutnya juga ada User experience yang artinya dalam bahasa indonesia “pengalaman pengguna” adalah pengalaman yang diberikan website atau aplikasi kepada penggunanya agar interaksi yang dilakukan menarik dan menyenangkan.


EmoticonEmoticon