Multimedia terdiri dari dua kata
yaitu multi dan media. "multi" artinya banyak, dan "media"
sesuatu yang digunakan untuk menyampaikan informasi atau pesan. Jadi Multimedia
dapat diartikan sebagai penggunaan beberapa media yang berbeda untuk
menggabungkan dan menyampaikan informasi dalam bentuk teks, audio, grafik,
animasi, dan video. Sedangkan Sistem Multimedia adalah suatu sistem yang dapat
mendukung secara terintegrasi penyimpanan, transmisi dan representasi sejumlah
media digital berupa text, grafik, gambar, audio dan video melalui komputer. Multimedia
merupakan penggunaan komputer untuk menyajikan dan menggabungkan teks, suara,
gambar, animasi, audio, dan video dengan alat bantu (tool) dan tautan (link)
sehingga pengguna dapat melakukan navigasi, berinteraksi, berkarya, dan
berkomunikasi. Multimedia sering digunakan dalam dunia informatika. Selain dari
dunia informatika, multimedia juga diadopsi oleh dunia gim, dan juga pembuatan
situs web.
Suatu sistem bisa di katakan
Sistem multimedia adalah apabila:
v
Adanya kombinasi media : yaitu jika kedua jenis
media (continuous/ Discrete) dipakai.Contoh media diskrit :
teks dan gambar, dan media kontinu adalah audio dan video.
v
Adanya Independensi/Kemandirian dalam suatu
sistem : yaitu Aspek utama dari jenis media yang berbeda adalah keterkaitan
antar media tersebut. Sistem disebut sistem multimedia jika tingkat
ketergantungan/keterkaitan antar media tersebut rendah.
v
Komputer yang terintegrasi /Computer-supported
Integration : Sistem harus dapat melakukan pemrosesan yang dikontrol oleh
komputer. Sistem dapat diprogram oleh system programmer/ user.
Komponen Multimedia
Komponen-komponen yang terdapat
dalam multimedia, yaitu:
1. Teks
Komponen dasar multimedia yaitu
teks. Teks merupakan kesatuan Bahasa yang memiliki isi dan bentuk dituangkan
menjadi sebuah tulisan.
2. Suara
Suara atau audio merupakan salah
satu komponen dalam multimedia. Dalam multimedia, suara dikategorikan sebagai
sebuah simbol verbal yang berperan dalam teknologi komunikasi dan untuk
memperjelas suatu informasi yang disampaikan.
3. Video
Video merupakan singkatan dari
kata visual dan audio, yang berarti suatu komponen yang dapat menyajikan
susunan atau urutan gambar dan suara secara bersamaan.
4. Grafik
Grafik dalam multimedia berkaitan
dengan foto dan gambar. Grafik dalam multimedia berguna untuk memperindah
komponen teks yang ditampilkan. Gambar dalam grafik dapat dibedakan menjadi
dua, yaitu bitmap dan vektor yang sering ditemukan dalam perangkat lunak
pengolah gambar.
5. Animasi
Dalam multimedia, komponen animasi sangat diperlukan untuk mendukung sebuah tampilan informasi menjadi lebih menarik. Animasi merupakan suatu teknik yang menampilkan setiap frame secara berurutan dan gambar akan terlihat seolah-olah sedang bergerak, contohnya adalah animasi stopmotion.
Pemanfaatan Sistem Multimedia
Bidang Kesehatan dan Kedokteran
Dengan multimedia dokter dapat
menganalisa penyakit pasien dan memantau kondisi pasien lewat detak jantung,
aliran darah, permukaan paru-paru
melalui tampilan monitor . Pengunaan sinar X untuk scanning tubuh
manusia dapat ditampilkan pada layar monitor.
Selain itu, objek-objek yang sangat kecil (berukuran nano) dapat dilihat
melalui mikroskop yang terhubung ke komputer. Hal lain yang dapat dilakukan
dengan pemanfaatan multimedia antara lain menyimpan riwayat penyakit pasien,
penggajian karyawan RS dan mengelola persediaan obat-obatan.
Teknik
Dalam bidang teknik, multimedia
seringkali dimanfaatkan untuk membuat ssebuah simulasi dengan membuat gambar 2
dimensi atau 3 dimensi. Untuk manfaat ini, biasanya digunakan pada teknik
sipil, teknik industri, dan teknik mesin. Sementara, pada teknik elektro,
multimedia ini dimanfaatkan untuk menggambarkan sebuah gelombang.
Bisnis
Dalam dunia bisnis, multimedia
sering dimanfaatkan untuk pembuatan iklan agar terlihat lebih menarik dan
menarik minat masyarakat. Dalam dunia digital, penggunaan multimedia untuk
iklan bisa berupa video ataupun iklan animasi. Selain untuk iklan, multimedia
juga seringkali digunakan untuk keperluan presentasi. Dengan menambahkan gambar
atau animasi secukupnya, maka tampilan presebtasi akan terlihat lebih menarik
dan tidak membosankan.
Bidang Seni dan Hiburan
Multimedia banyak digunakan dalam
industri hiburan, khususnya untuk memberikan
efek khusus suara dan gambar dalam film dan animasi. Multimedia juga
dimanfaatkan pada aplikasi dan game. Pengguna diberikan fasilitas untuk
mengkontrol gerak animasi dalam game. Di kehidupan sehari-hari multimedia
dimanfaatkan dengan penggunaan DVD player
dan MP3/MP4 player yang dapat
menyuguhkan hiburan film, musik dan karaoke. Selaim itu berita-berita yang
dimuat di televisi dan internet bukan hanya berupa teks namun berisi gambar,
video atau bahkan animasi dari sebuah simulasi kejadian.
EmoticonEmoticon