Logo
Logo adalah gambar dengan
suatu arti, bisa berupa lukisan, sketsa, ataupun tulisan saja. Logo berperan
untuk mewakili identitas pihak tertentu, entah itu bisnis, perusahaan,
organisasi, negara, daerah, produk atau lain sebagainya. Ketika melihat gambar
tersebut maka masyarakat akan tertuju pada satu hal dan akan terus diingat
selamanya. Tanpa harus mencantumkan visi misi, deskripsi, atau penjelasan
apapun maka banyak orang langsung mengetahui tentang pemilik logo tersebut.
Biasanya, suatu logo
mengandung filosofi tertentu dan kerangka dasar berbentuk konsep yang bertujuan
guna menciptakan sifat mandiri. Selain itu, setiap bentuk logo juga wajib mempunyai
suatu ciri khas tertentu untuk membedakan logo yang satu dengan logo yang
lainnya, baik itu dari segi bentuk maupun warnanya. Suatu logo yang digunakan
akan menggambarkan kualitas seperti yang disimbolkan, seperti adanya pendekatan
budaya perusahaan, penempatan posisi penting, atau aspirasi dari perusahaan itu
sendiri.
Fungsi Logo
- Mengidentifikasi suatu perusahaan.
- Membedakan dari produk atau organisasi yang lain.
- Mengkomunikasikan informasi seperti keaslian, nilai dan kualitas.
- Menambah nilai.
- Mempresentasikan aset yang berharga.
- Properti legal suatu produk atau organisasi.
Jenis & Tipe Logo
Pembagian jenis logo secara sederhana terbagi atas dua bagian yaitu Word Marks atau Brand Name yaitu logo yang tersusun dari bentuk terucapkan, serta Device Marks atau Brand Mark yang tersusun dari bentuk tak terucapkan. Bisa pula logo terdiri atas keduanya, yang merupakan kombinasi dari brand name dan brand mark. Berikut penggolongan logo berdasarkan pendapat John Murphy dan Michael Rowe :
1. Name – Only Logo
Adalah logo yang diambil
dari sebuah nama, dengan menggunakan gaya grafis khusus. Logo jenis ini memberi
ketegasan dan pesan langsung kepada konsumen. Contoh logo jenis ini seperti pada
produk sandang karya perancang ternama Yves Saint Laurent, produk elektronik
Sony, Toshiba, Panasonic, produk kamera Nikon, Leica, Yashica, peralatan
fotokopi Xerox, dan lain-lain.
2. Name/Symbol Logo
Yaitu logo yang terdiri
dari nama perusahaan atau produk dengan gaya tipografis yang berkarakter kuat,
tersusun atas bentuk-bentuk grafis seperti oval, lingkaran atau kotak. Sebagai
contoh adalah logo Ford, Du Pont, Hertz dan banyak lagi. Kelebihan jenis logo
ini adalah pada bentuknya yang ringkas dan fleksibel karena jenis logo seperti
ini mampu berdiri sendiri.
3. Initial Letter Logo
Yaitu logo yang
menggunakan huruf awal (inisial) dari nama produk atau perusahaan dan
menjadikannya sebagai elemen utama dari logo tersebut. Logo jenis ini terkadang
menunjukkan gabungan nama pemilik perusahaan seperti logo produsen hardware
komputer Hewlett-Packard. Selain contoh diatas banyak contoh lain seperti logo
Bank BCA, IBM, RCTI, dan lainnya.
4. Pictorial Name Logo
Adalah logo yang
menggunakan nama produk atau organisasi sebagai komponen penting dari gaya
logo, yang secara keseluruhan logo ini memiliki gaya yang sangat khusus.
Perusahaan yang menggunakan logo jenis ini, biasanya adalah perusahaan yang
sudah terkenal, seperti Coca Cola, Kodak, McDonald, Rolls Royce dan lain
sebagainya. Karena kuatnya image perusahaan/produk yang memakai logo ini, maka
bila terjadi peniruan logo tersebut oleh produk atau perusahaan lain maka citra
yang dihasilkannya tetap mengarah pada produk atau perusahaan yang ditiru.
5. Associative Logo
Yaitu logo yang berdiri
bebas yang biasanya tidak memuat nama produk atau perusahaan, tetapi memiliki
asosiasi langsung dengan nama, produk atau wilayah aktifitasnya. Sebagai contoh
logo perusahaan pembuat pesawat terbang Aerospatiale, logonya terdiri dari
kalimat Aerospatiale yang membentuk bola planet yang dengan jelas
memperlihatkan jangkauan aktifitasnya yakni penerbangan, logo perusahaan minyak
Shell yang menunjukkan gambar kerang sebagai asosiasi dari fosil penghasil
minyak, kemudian logo 20th Century Fox, yang menggambarkan gemerlap dan
megahnya dunia perfilman dan masih banyak lagi. Jenis logo seperti ini
mempunyai daya tarik kuat dan mudah untuk dipahami.
6. Logo Abstrak
Pengertian logo abstrak
sebenarnya hampir sama dengan pictorial mark, karena masih memanfaatkan suatu
grafis tertentu. Bedanya, jenis logo ini mempunyai suatu bentuk geometris yang
acak. Jenis logo ini juga biasanya sangat efektif karena mampu mewakili suatu
bisnis secara menyeluruh dalam satu gambar. Beberapa contohnya adalah logo
Pepsi, Adidas, BP, dll.
7. Logo Maskot
Pengertian logo maskot
adalah suatu jenis logo yang didesain dengan suatu karakter demi menggambarkan
suatu brand atau perusahaan. Pada umumnya, jenis logo ini memiliki kandungan
unsur warna yang cerah dan ceria yang dinilai sebagai maskot brand atau
perusahaan. Logo jenis ini dibuat demi menghadirkan daya tarik tertentu untuk
anak-anak dan keluarga, contohnya adalah logo KFC dengan maskot Kolonel
Sanders, Kool-Aid dengan maskot Kool-Aid man, Alfamart dengan maskot Albi si
lebah, dll.
EmoticonEmoticon